Home Tahukah Anda 🍃Cara Membaca Kitab Yang Telah Kita Beli🍃

🍃Cara Membaca Kitab Yang Telah Kita Beli🍃

879
0
SHARE

*Syeikh Shaleh Al Ushaimy* berkata :

“Diantara cara mengambil faedah dari kitab kitab yang telah kita beli adalah melewati (membaca asal lewat) kitab tersebut dengan cepat sebelum kita simpan di lemari perpustakaan kita,  dan hakekat daripada  melewati kitab tersebut dengan cepat adalah dengan membacanya secara cepat sardan(asal lewat).

 Dalam membaca cara ini ada ushulnya yaitu 5:

1. Memandang sampul dari kitab tersebut agar mengetahu judul kitab tersebut dan pengarang kitab tersebut dan penerbit dan tahun terbitnya

2. Membaca muqaddimah kitab tersebut karena kunci daripada suatu kitab adalah pada muqaddimahnya dan terkadang dalam muqaddimah mengandung istilah istilah khusus yang harus kita ketahui sebelum membaca kitab tersebut

3. Membaca daftar isi kitab tersebut dan melihat judul atau bab yang menarik untuk dibaca kemudian kita letakkan tanda di tempat tersebut sebelum membaca bagian tersebut.

4. Membuka kitab tersebut halaman demi halaman secara cepat kemudian berhenti pada bab dan masail . kalau ada  bab yang menarik perhatian kita maka bacalah dengan tenang.

5. Kembali ke daftar isi untuk melihat bab yang telah kita tandai tadi, kalau bab yang tadi kita tandai pas bab yang kit abaca dengan tenang tadi maka sudah mencukupi dan kalau tidak tepat maka bacalah bab yang telah kita tandai tadi di daftar isi.
Ini qaidah yang sangat bermanfaat karena *kitab demikian sangat banyak sedangkan umur kita sangat pendek*

Kalau kita memiliki waktu luang untuk membacanya maka bacalah kalaupun tidak maka kita sudah mengetahui usul dari  kitab tersebut dan bisa dijadikan referensi suatu saat nanti.

Dengan menggunakan cara seperti ini maka kita bisa membaca seluruh kitab dalam perpustakaan kita sebarapa banyakpun kitabnya.

Kemudian *Syeikh Shaleh Al Ushaimi* pernah berkata

 [Beliau pernah berjumpa dengan seorang ulama diantara ulama besar di Mesir , beliau berkata “ketika pertama kali Tafsir Thabari dicetak aku membelinya dengan harga yang sangat mahal sekali kemudian karena sangat senang dengan kitab tersebut saya tidak bisa tidur malam itu sampai saya buka kitab tersebut halaman demi halaman dari awal kitab sampai akhir kitab”

Dan beliau melihat halaman demi halaman dan kalau melihat sesuatu yang menarik bagi beliau maka beliau membacanya dan beliau mengatakan “ketika tiba waktu shubuh saya sudah buka kitab tersebut dari awal sampai akhirnya,”]”

Semoga Allah memberikan kita Taufiq untuk senantiasa senang membaca sebagaimana cerita Syeikh Shaleh  al Ushaimi :
“Bahwa beliau pernah berjumpa dengan seorang ulama yang bernama *Syibbil ‘Atha bin Halim ‘Atha* yang mana beliau sangat senang sekali terhadap ilmu dan banyak membaca sampai sampai ketika beliau masih muda beliau membaca dalam sehari *800 halaman*😱, maka Syeikh Saleh bertanya sudah berapa kitab yang engkau baca ? maka beliau menjawab bahwa beliau tidak bisa mempastikan, tapi jumlah kitab yang say abaca di bawah sinar bulan🌙 saja kurang lebih *2000 jilid*😱.”

Al Madinah Al Munawwarah

7 Muharram 1438 H

Miftah bin Jaelaniy

#Ummat_senang_membaca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here