Home Fiqih Adakah Shalat Sunnah Dua Rakaat Bakda Asar

Adakah Shalat Sunnah Dua Rakaat Bakda Asar

400
0
SHARE

Ta’lim malam..
๐ŸŒฟ๐ŸŒบ Dua Rakaat Ba’diyah Ashar; Antara Ada dan Tiada ๐ŸŒบ๐ŸŒฟ

๐Ÿ’ข๐Ÿ’ข๐Ÿ’ข๐Ÿ’ข

Assalamu’alaikum tad, di tempat kami ada kasus yakni ada ikhwah yg menerapkan sholat sunnah bakdiyah ashar di masjid, kemudian pak imam dan masyarakat setempat mengingkari perbuatan ikhwah tsb yang mau ana tanyakan .
Tolong di jelaskan tentang hadits yg mengatakan sholat sunnah bakdiyah ashar dan juga perbedaan para ulama apakah dia sunnah ada tdk sebab yg di pegang masyarakat sunnah bakdiyah ashar di larang sbgaimn dlm kontek hadits . syukron tad

๐ŸŒผ๐ŸŒผ๐ŸŒผ๐ŸŒผ

Wa ‘alaikumussalam wa Rahmatullah wa Barakatuh. Bismillah wal Hamdulillah wash Shalatu was Salamu ‘Ala Rasulillah wa ba’d:

Langsung aja ya ..

๐Ÿ“• Dalil-Dalil Larangan Shalat Setelah Ashar

1โƒฃ. Riwayat berikut:

ู„ุงูŽย ุตูŽู„ุงูŽุฉูŽย ุจูŽุนู’ุฏูŽย ุงู„ุตู‘ูุจู’ุญูย ุญูŽุชู‘ูŽู‰ย ุชูŽุฑู’ุชูŽููุนูŽย ุงู„ุดู‘ูŽู…ู’ุณูุŒย ูˆูŽู„ุงูŽย ุตูŽู„ุงูŽุฉูŽย ุจูŽุนู’ุฏูŽย ุงู„ุนูŽุตู’ุฑูย ุญูŽุชู‘ูŽู‰ย ุชูŽุบููŠุจูŽย ุงู„ุดู‘ูŽู…ู’ุณู

Janganlah shalat setetah subuh s ampai terbitnya matahari, dan janganlah shalat setelah ashar sampai terbenamnya matahari. (HR. Al Bukhari No. 586)

2โƒฃ Dari Muawiyah Radhiallahu โ€˜Anhu:

ุฅูู†ู‘ูŽูƒูู…ู’ย ู„ูŽุชูุตูŽู„ู‘ููˆู†ูŽย ุตูŽู„ูŽุงุฉู‹ย ู„ูŽู‚ูŽุฏู’ย ุตูŽุญูุจู’ู†ูŽุงย ุฑูŽุณููˆู„ูŽย ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูย ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ย ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูย ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูย ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽย ููŽู…ูŽุงย ุฑูŽุฃูŽูŠู’ู†ูŽุงู‡ูย ูŠูุตูŽู„ู‘ููŠู‡ูู…ูŽุงย ูˆูŽู„ูŽู‚ูŽุฏู’ย ู†ูŽู‡ูŽู‰ย ุนูŽู†ู’ู‡ูู…ูŽุงย ูŠูŽุนู’ู†ููŠย ุงู„ุฑู‘ูŽูƒู’ุนูŽุชูŽูŠู’ู†ูย ุจูŽุนู’ุฏูŽย ุงู„ู’ุนูŽุตู’ุฑ

Kalian melakukan shalat, padahal kami telah bersahabat dengan Rasulullahย ๏ทบย dan kami belum pernah melihatnya shalat tersebut, dan dia telah melarangnya, yakni dua rakaat setelah ashar. (HR. Al Bukhari No.ย  587)

Dan lainnya yang semisal.

๐Ÿ“˜ Dalil-Dalil Bolehnya Shalat Setelah Ashar
1โƒฃ Dari Aisyah Radhiallahun’Anha:

ุฑูŽูƒู’ุนูŽุชูŽุงู†ูย ู„ูŽู…ู’ย ูŠูŽูƒูู†ู’ย ุฑูŽุณููˆู„ูย ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูย ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ย ุงู„ู„ู‡ูย ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูย ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽย ูŠูŽุฏูŽุนูู‡ูู…ูŽุงย ุณูุฑู‘ู‹ุงย ูˆูŽู„ุงูŽย ุนูŽู„ุงูŽู†ููŠูŽุฉู‹:ย ุฑูŽูƒู’ุนูŽุชูŽุงู†ูย ู‚ูŽุจู’ู„ูŽย ุตูŽู„ุงูŽุฉูย ุงู„ุตู‘ูุจู’ุญูุŒย ูˆูŽุฑูŽูƒู’ุนูŽุชูŽุงู†ูย ุจูŽุนู’ุฏูŽย ุงู„ุนูŽุตู’ุฑู

Dua rakaat yang Nabiย ๏ทบย tidak pernah meninggalkannya, baik secara diam-diam dan terang-terangan; yaitu dua rakaat sebelum shalat subuh, dan dua rakaat setelah shalat Ashar. (HR. Al Bukhari No. 592)

2โƒฃ Dari Aisyah Radhiallahu โ€˜Anha:

ู…ูŽุงย ุชูŽุฑูŽูƒูŽย ุฑูŽุณููˆู„ูย ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูย ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ย ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูย ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูย ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽย ุฑูŽูƒู’ุนูŽุชูŽูŠู’ู†ูย ุจูŽุนู’ุฏูŽย ุงู„ู’ุนูŽุตู’ุฑูย ุนูู†ู’ุฏููŠย ู‚ุทู‘

Sedikit pun Belum pernah Rasulullahย ๏ทบย meninggalkan shalat setelah ashar ketika bersamaku. (HR. Muttafaq โ€˜Alaih)

3โƒฃ Syuraih bertanya kepada โ€˜Aisyah tentang shalat setelah ashar, โ€˜Aisyah menjawab:

ุตูŽู„ู‘ูย ุฅูู†ู‘ูŽู…ูŽุงย ู†ูŽู‡ูŽู‰ย ุฑูŽุณููˆู„ูย ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูย ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ย ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูย ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูย ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽย ุนูŽู†ูย ุงู„ุตู‘ูŽู„ูŽุงุฉูย ุฅูุฐูŽุงย ุทู„ุนุชย ุงู„ุดู…ุณ

Shalatlah (baโ€™da ashar), sesungguhnya yang Rasulullahย ๏ทบย larang adalah shalat ketika matahari terbit. (HR. Ibnu Hibban No.1568. Dishahihkan oleh Syaikh Al Albani, Syaikh Syuaib Al Arnauth, dan lainnya)

4โƒฃ Dari Aisyah Radhiallahu โ€œAnha:

ุนูŽุงย ุชูŽุฑูŽูƒูŽย ุฑูŽุณููˆู„ูย ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูย ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ย ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูย ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูย ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽย ุงู„ุฑู‘ูŽูƒู’ุนูŽุชูŽูŠู’ู†ูย ุจูŽุนู’ุฏูŽย ุงู„ุนุตุฑย ููŠย ุจูŠุชูŠย ุญุชู‰ย ูุงุฑู‚ย ุงู„ุฏู†ูŠุง

โ€œRasulullahย ๏ทบย tidak pernah meninggalkan dua rakaat setelah Ashar di rumahku sampai meninggalkan dunia. (HR. Ibnu Hibban No. 1573, juga dishahihkan oleh Syaikh Al Albani, Syaikh Syuaib Al Arnauth dan lainnya)

5โƒฃ Dari Aisyah Radhiallahu โ€˜Anha:

ู…ูŽุงย ู…ูู†ู’ย ูŠูŽูˆู’ู…ูย ูƒูŽุงู†ูŽย ูŠูŽุฃู’ุชููŠย ุนูŽู„ูŽู‰ย ุฑูŽุณููˆู„ูย ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูย ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ย ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูย ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูย ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽย ุฅูู„ู‘ูŽุงย ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ย ุจูŽุนู’ุฏูŽย ุงู„ุนุตุฑย ุฑูƒุนุชูŠู†

Tidaklah sehari pun kedatangan Rasulullahย ๏ทบย melainkan dia shalat setelah ashar dua rakaat. (HR. Ibnu Hibban No. 1573, juga dishahihkan oeh para ulama)

6โƒฃ Dari Aisyah Radhiallahu โ€˜Anha:

ูƒุงู†ย ุฑุณูˆู„ย ุงู„ู„ู‡ย ุตู„ู‰ย ุงู„ู„ู‡ย ุนู„ูŠู‡ย ูˆุณู„ู…ย ุฅุฐุงย ูƒุงู†ย ุนู†ุฏูŠย ุจุนุฏย ุงู„ุนุตุฑย ุตู„ุงู‡ู…ุง.

Dahulu Rasulullahย ๏ทบย jika sedang bersamaku, Beliau shalat dua rakaat setelah ashar. (HR. An Nasaโ€™i No. 576, Abu Daud No. 1160. SHAHIH)

๐Ÿ“‹ Sikap Manusia Pada Zamanย  Salaf

Pada zaman awal Islam, mereka pun terbagi menjadi dua kelompok antara pro dan kontra.

๐ŸŒป Pihak Yang Membolehkan

‘Atha bercerita:

ุฃูŽู†ู‘ูŽย ุนูŽุงุฆูุดูŽุฉูŽุŒย ูˆูŽุฃูู…ู‘ูŽย ุณูŽู„ูŽู…ูŽุฉูŽย ูƒูŽุงู†ูŽุชูŽุงย ุชูŽุฑู’ูƒูŽุนูŽุงู†ูย ุจูŽุนู’ุฏูŽย ุงู„ู’ุนูŽุตู’ุฑู

Bahwa Aisyah dan Ummu Salamah shalat dua rakaat setelah ashar. (Abdurrazzaq, Al Mushannaf No. 3969)

Dari Ashim bin Abi Dhamrah bahwa Ali Radhiallahu โ€˜Anhu shalat dua rakaat setelah ashar di tendanya. (Ibnu Abi Syaibah, Al Mushannaf No. 7352)

Hisyam bin Urwah bercerita:

ูƒูู†ู‘ูŽุง ู†ูุตูŽู„ู‘ููŠ ู…ูŽุนูŽ ุงุจู’ู†ู ุงู„ุฒู‘ูุจูŽูŠู’ุฑู ุงู„ู’ุนูŽุตู’ุฑูŽ ูููŠ ุงู„ู’ู…ูŽุณู’ุฌูุฏู ุงู„ู’ุญูŽุฑูŽุงู…ูุŒ ููŽูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูุตูŽู„ู‘ููŠ ุจูŽุนู’ุฏูŽ ุงู„ู’ุนูŽุตู’ุฑู ุฑูŽูƒู’ุนูŽุชูŽูŠู’ู†ูุŒ ูˆูŽูƒูู†ู‘ูŽุง ู†ูุตูŽู„ู‘ููŠู‡ูู…ูŽุง ู…ูŽุนูŽู‡ู ู†ูŽู‚ููˆู…ู ุตูŽูู‘ู‹ุง ุฎูŽู„ู’ููŽู‡ู

Kami shalat Ashar di masjidil haram bersama Abdullah bin Az Zubair, saat itu dia shalat dua rakaat setelah ashar. Kami shalat juga bersamanya dengan membuat shafย  dibelakangnya . (Abdurrazzaq, Al Mushannaf No.ย  3979)

Ibnu Aun bercerita, โ€œAku melihat Abu Burdah bin Abi Musa shalat dua rakaat setelah ashar.โ€ (Ibnu Abi Syaibah, Al Mushannaf No. 7347)

Selain Aisyah, Ali, Abdullah bin Az Zubeir Radhiallahu ‘Anhum, masih banyak lagi generasi tabiโ€™in yang shalat dua rakaat setelah Ashar, seperti Abu Syaโ€™tsa, Al Aswad bin Yazid, Amru bin Husein, Abu Wail, Masruq, Syuraih,ย  dan lainnya. (Lihat dalam Al Mushannaf Ibni Ab Syaibah No. 7347, 7348, 7350)

Apakah mereka tidak tahu ada larangan shalat setelah Ashar? Di jelaskan oleh Al Hafizh Ibnu Hajar:

ูุงุฆุฏุฉ ูู‡ู…ุช ุนุงุฆุดุฉ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ุง ู…ู† ู…ูˆุงุธุจุชู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุนู„ู‰ ุงู„ุฑูƒุนุชูŠู† ุจุนุฏ ุงู„ุนุตุฑ ุฃู† ู†ู‡ูŠู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุนู† ุงู„ุตู„ุงุฉ ุจุนุฏ ุงู„ุนุตุฑ ุญุชู‰ ุชุบุฑุจ ุงู„ุดู…ุณ ู…ุฎุชุต ุจู…ู† ู‚ุตุฏ ุงู„ุตู„ุงุฉ ุนู†ุฏ ุบุฑูˆุจ ุงู„ุดู…ุณ ู„ุง ุฅุทู„ุงู‚ู‡

Faidah dari hadits ini,ย  bahwa Aisyah memahami dari seringnya Nabiย ๏ทบย shalat dua rakaat setelah ashar, bahwa larangan tersebut berlaku khusus bagi mereka yang memaksudkan shalat sampai terbenam matahari bukan larangan secara mutlak. (Fathul Bari, 2/66)

Jadi, bagi Aisyah Radhiallahu ‘Anha, larangan tersebut berlaku untuk mereka yang bermaksud melakukan shalat sampai matahari terbenam, bukan larangan semata-mata ba’diyah ashar.

๐ŸŒน Pihak Yang Melarang

Abu Ghadiyah bercerita:

ุฑูŽุฃูŽูŠู’ุชูย ุนูู…ูŽุฑูŽย ุจู’ู†ูŽย ุงู„ู’ุฎูŽุทู‘ูŽุงุจูย ูŠูŽุถู’ุฑูุจูย ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณูŽย ุนูŽู„ูŽู‰ย ุงู„ุฑู‘ูŽูƒู’ุนูŽุชูŽูŠู’ู†ูย ุจูŽุนู’ุฏูŽย ุงู„ู’ุนูŽุตู’ุฑู

Aku melihat Umar bin Al Khathab memukul orang yang shalat dua rakaat setelah ashar. (Abdurrazzaq,Al Mushannaf, No. 3966)

Perbuatan Umar Radhiallahu โ€˜Anhu iniย  juga diceritakan oleh Jabir dan Ibnu Abbas Radhialahu โ€˜Anhuma. (Ibnu Abi Syaibah, Al Mushannaf, No. 7336, 7341)

Abdullah bin Abbas Radhiallahu โ€˜Anhuma juga membencinya. Thawus bertanya kepada Ibnu Abbas tentang shalat dua rakaat setelah Ashar, maka dia melarangnya, lalu kata Thawus โ€œTapi Aku tidak pernah meninggalkannyaโ€, maka Ibnu Abbas mengutip ayat: “Dan tidaklah patut bagi laki-laki yang mukmin dan tidak (pula) bagi perempuan yang mukmin, apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan, akan ada bagi mereka pilihan (yang lain) tentang urusan mereka. dan Barangsiapa mendurhakai Allah dan Rasul-Nya Maka sungguhlah Dia telah sesat, sesat yang nyata. (QS. Al Ahzab: 36). (Abdurrazzaq, Al Mushannaf No.3975)

Apakah mereka tidak tahu adanya riwayat dari โ€˜Aisyah Radhiallahu โ€œAnha, bahwa Nabiย ๏ทบpernah melakukannya, bahkan sangat sering? Pastilah mereka tahu, tapi mereka memahami secara berbeda. Bagi mereka shalatnya Nabiย ๏ทบย dua rakaat setelah ashar adalah menqadha shalat baโ€™diyah zhuhur, bukan karena semata ingin shalat baโ€™diyah ashar.

Al Hafizh Ibnu Hajar berkata:

ู‚ูˆู„ ุนุงุฆุดุฉ ู…ุง ุชุฑูƒู‡ู…ุง ุญุชู‰ ู„ู‚ูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนุฒ ูˆุฌู„ ูˆู‚ูˆู„ู‡ุง ู„ู… ูŠูƒู† ูŠุฏุนู‡ู…ุง ูˆู‚ูˆู„ู‡ุง ู…ุง ูƒุงู† ูŠุฃุชูŠู†ูŠ ููŠ ูŠูˆู… ุจุนุฏ ุงู„ุนุตุฑ ุฅู„ุง ุตู„ู‰ ุฑูƒุนุชูŠู† ู…ุฑุงุฏู‡ุง ู…ู† ุงู„ูˆู‚ุช ุงู„ุฐูŠ ุดุบู„ ุนู† ุงู„ุฑูƒุนุชูŠู† ุจุนุฏ ุงู„ุธู‡ุฑ ูุตู„ุงู‡ู…ุง ุจุนุฏ ุงู„ุนุตุฑ ูˆู„ู… ุชุฑุฏ ุฃู†ู‡ ูƒุงู† ูŠุตู„ูŠ ุจุนุฏ ุงู„ุนุตุฑ ุฑูƒุนุชูŠู† ู…ู† ุฃูˆู„ ู…ุง ูุฑุถุช ุงู„ุตู„ูˆุงุช ู…ุซู„ุง ุฅู„ู‰ ุขุฎุฑ ุนู…ุฑู‡ ุจู„ ููŠ ุญุฏูŠุซ ุฃู… ุณู„ู…ุฉ ู…ุง ูŠุฏู„ ุนู„ู‰ ุฃู†ู‡ ู„ู… ูŠูƒู† ูŠูุนู„ู‡ู…ุง ู‚ุจู„ ุงู„ูˆู‚ุช ุงู„ุฐูŠ ุฐูƒุฑุช ุฃู†ู‡ ู‚ุถุงู‡ู…ุง ููŠู‡

Ucapan Aisyah โ€œNabi tidak pernah meninggalkannya sampai wafatโ€, โ€œDia tidak pernah meninggalkannyaโ€, dan ucapannya โ€œTidaklah Beliau mendatangiku dalam sehari melainkan dia shalat dua rakaat setelah asharโ€, maksudnya adalah pada saat nabi disibukkan oleh sesuatu yang membuatnya tidak melakukan baโ€™diyah zuhur, maka Beliau pun melakukannya setelah ashar. Beliau bukan bermaksud bahwa Nabi shalat dua rakaat setelah ashar sejak adanya awal kewajiban shalat sampai akhir umurnya. (Fathul Bari,ย  2/66)

Ini juga dikatakan Ibnu Abbas Radhiallahu โ€˜Anhuma:

ุฅู†ู…ุง ุตู„ู‰ ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุงู„ุฑูƒุนุชูŠู† ุจุนุฏ ุงู„ุนุตุฑ ู„ุฃู†ู‡ ุฃุชุงู‡ ู…ุงู„ ูุดุบู„ู‡ ุนู† ุงู„ุฑูƒุนุชูŠู† ุจุนุฏ ุงู„ุธู‡ุฑ ูุตู„ุงู‡ู…ุง ุจุนุฏ ุงู„ุนุตุฑ ุซู… ู„ู… ูŠุนุฏ

Sesungguhnya shalatnya Nabiย ๏ทบย sebanyak dua rakaat setelah ashar hanyalah karena telah datang kepadanya harta yang membuatnya sibuk tidak sempat shalat rakaat dua rakaat baโ€™diyah zuhur, lalu dia melakukannya setelah ashar dan tidak mengulanginya. (HR. At Tirmidzi No. 184, katanya: hasan)

Hal ini tegas sebagaimana riwayatย Imam Al Bukhariย Rahimahullahย berikut:

ูˆูŽู‚ูŽุงู„ูŽ ูƒูุฑูŽูŠู’ุจูŒ ุนูŽู†ู’ ุฃูู…ู‘ู ุณูŽู„ูŽู…ูŽุฉูŽ ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุจูŽุนู’ุฏูŽ ุงู„ู’ุนูŽุตู’ุฑู ุฑูŽูƒู’ุนูŽุชูŽูŠู’ู†ู ูˆูŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุดูŽุบูŽู„ูŽู†ููŠ ู†ูŽุงุณูŒ ู…ูู†ู’ ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู’ู‚ูŽูŠู’ุณู ุนูŽู†ู’ ุงู„ุฑู‘ูŽูƒู’ุนูŽุชูŽูŠู’ู†ู ุจูŽุนู’ุฏูŽ ุงู„ุธู‘ูู‡ู’ุฑู

Kuraib berkata, dari Ummu Salamah: โ€œNabiย Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallamย shalat setelah ashar sebanyak dua rakaat. Beliau bersabda: โ€œOrang-orang dari Abdul Qais telah menyibukkanku dari shalat dua rakaat setelah zhuhur.โ€ย (Shahih Bukhari,ย diriwayatkan secaraย muโ€™allaqย dalamย Bab Maa Yushalla Baโ€™dal โ€˜Ashri wa Minal Fawaa-it wa Nahwiha)

Imam Badruddin Al โ€˜Ainiย Rahmahullahย berkata:

ู‚ุงู„ ุงู„ูƒุฑู…ุงู†ูŠ ูˆู‡ุฐุง ุฏู„ูŠู„ ุงู„ุดุงูุนูŠ ููŠ ุฌูˆุงุฒ ุตู„ุงุฉ ู„ู‡ุง ุณุจุจ ุจุนุฏ ุงู„ุนุตุฑ ุจู„ุง ูƒุฑุงู‡ุฉ

Berkata Al Karmani: โ€œIni adalah dalil bagi Asy Syafiโ€™i tentang kebolehan shalatย  setelah โ€˜Ashar jika memiliki sebab, sama sekali tidak makruh.โ€ย (โ€˜Umdatul Qari, 8/19)

Imam Badruddin Al โ€˜Aini mengomentari pendapat ini:

ู‚ู„ุช ู‡ุฐุง ู„ุง ูŠุตู„ุญ ุฃู† ูŠูƒูˆู† ุฏู„ูŠู„ุง ู„ุฃู† ุตู„ุงุชู‡ ู‡ุฐู‡ ูƒุงู†ุช ู…ู† ุฎุตุงุฆุตู‡ ูƒู…ุง ุฐูƒุฑู†ุง ูู„ุง ูŠูƒูˆู† ุญุฌุฉ ู„ุฐุงูƒ

Aku berkata: tidak benar menjadikan hadits ini sebagai dalil, karena shalatnya ini merupakan bagian dari KEKHUSUSAN bagi Beliau, sebagaimana yang telah kami sebutkan, maka hadits ini tidak bisa dijadikan hujjah atas hal itu.ย (Ibid)

Artinya Imam Al โ€˜Aini tetap melarang shalat setelah ashar, walau pun ada sebab. Dan menurutnya pembolehan di atas hanya khusus bagi Nabiย ๏ทบ.

Imam Al Kisani Al Hanafi juga demikian, menurutnya shalatnya Nabi setelah Ashar adalah spesial baginya, bukan selainnya, dan itu dalam rangka qadha ba’diyah zhuhur sbgmn riwayat Ummu Salamah. (Lihat Bada’i Ash Shana’i, 1/296)

Namun, pendapat ini dianggap lemah, sebab kenyataannya para sahabat melakukannya shalat sunah, mereka shalat setelah Ashar yaitu shalat jenazah, dan tidak satu pun sahabat lain yang melarangnya. Sehingga menurut Imam An nawawi dan Imam Abul Hasan Al Mawardi telah ijmaโ€™ kebolehannya shalat sunah diwaktu terlarang jika ada sebab. ย (Lihat Al Majmu’ Syarh Al Muhadzdzab, 4/174. Juga Al Hawi Al Kabir, 3/48)

Demikianlah pihak yang melarang; seperti Umar, Ibnu Abbas, Muโ€™awiyah, dan umumnya para fuqaha madzhab. Sekali pun mereka membolehkan, itu adalah konteks mengqadha shalat baโ€™diyah zhuhur, atau jika dilakukan karena sebab khusus, baik karena tahiyatul masjid, shalat jenazah, dan semisalnya sebagaimana pendapat Imam Syafi’i dan Imam Malik (Lihat Mukhtashar Al Inshaf, 1/161), ini pun tidak semua setuju, seperti Atha, An Nakha’i, dan Abu Hanifah mengingkari kebolehan itu berdasarkan hadits larangannya secara umum (Ibid, lihat juga Al Hawi Al Kabir, 3/48). Pengingkaran ini menganulir klaim ijma’ yang disampaikan oleh Imam An Nawawi dan Imam Al Mawardi sebelumnya.

๐Ÿ“”Kenapa bisa terjadi perbedaan?

Untuk hak ini, Imam Ibnu Rusyd Rahimahullah memiliki pandangan yang sederhana tapi jitu, katanya:

ูˆูŽุฃูŽู…ู‘ูŽุง ุงุฎู’ุชูู„ูŽุงููู‡ูู…ู’ ูููŠ ุงู„ุตู‘ูŽู„ูŽุงุฉู ุจูŽุนู’ุฏูŽ ุตูŽู„ูŽุงุฉู ุงู„ู’ุนูŽุตู’ุฑู ููŽุณูŽุจูŽุจูู‡ู ุชูŽุนูŽุงุฑูุถู ุงู„ู’ุขุซูŽุงุฑู ุงู„ุซู‘ูŽุงุจูุชูŽุฉู ูููŠ ุฐูŽู„ููƒูŽุŒ ูˆูŽุฐูŽู„ููƒูŽ ุฃูŽู†ู‘ูŽ ูููŠ ุฐูŽู„ููƒูŽ ุญูŽุฏููŠุซูŽูŠู’ู†ู ู…ูุชูŽุนูŽุงุฑูุถูŽูŠู’ู†ู: ุฃูŽุญูŽุฏูู‡ูู…ูŽุง ุญูŽุฏููŠุซู ุฃูŽุจููŠ ู‡ูุฑูŽูŠู’ุฑูŽุฉูŽ ุงู„ู’ู…ูุชู‘ูŽููŽู‚ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุตูุญู‘ูŽุชูู‡ู ” ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู – ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ – ยซู†ูŽู‡ูŽู‰ ุนูŽู†ู ุงู„ุตู‘ูŽู„ูŽุงุฉู ุจูŽุนู’ุฏูŽ ุงู„ู’ุนูŽุตู’ุฑู ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ุชูŽุบู’ุฑูุจูŽ ุงู„ุดู‘ูŽู…ู’ุณูุŒ ูˆูŽุนูŽู†ู ุงู„ุตู‘ูŽู„ูŽุงุฉู ุจูŽุนู’ุฏูŽ ุงู„ุตู‘ูุจู’ุญู ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ุชูŽุทู’ู„ูุนูŽ ุงู„ุดู‘ูŽู…ู’ุณูยป .

ูˆูŽุงู„ุซู‘ูŽุงู†ููŠ: ุญูŽุฏููŠุซู ุนูŽุงุฆูุดูŽุฉูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽุชู’: ยซู…ูŽุง ุชูŽุฑูŽูƒูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู – ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ – ุตูŽู„ูŽุงุชูŽูŠู’ู†ู ูููŠ ุจูŽูŠู’ุชููŠ ู‚ูŽุทู‘ู ุณูุฑู‘ู‹ุง ูˆูŽู„ูŽุง ุนูŽู„ูŽุงู†ููŠูŽุฉู‹: ุฑูŽูƒู’ุนูŽุชูŽูŠู’ู†ู ู‚ูŽุจู’ู„ูŽ ุงู„ู’ููŽุฌู’ุฑูุŒ ูˆูŽุฑูŽูƒู’ุนูŽุชูŽูŠู’ู†ู ุจูŽุนู’ุฏูŽ ุงู„ู’ุนูŽุตู’ุฑูยป .

ููŽู…ูŽู†ู’ ุฑูŽุฌู‘ูŽุญูŽ ุญูŽุฏููŠุซูŽ ุฃูŽุจููŠ ู‡ูุฑูŽูŠู’ุฑูŽุฉูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุจูุงู„ู’ู…ูŽู†ู’ุนูุŒ ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ุฑูŽุฌู‘ูŽุญูŽ ุญูŽุฏููŠุซูŽ ุนูŽุงุฆูุดูŽุฉูŽ ุฃูŽูˆู’ ุฑูŽุขู‡ู ู†ูŽุงุณูุฎู‹ุง ; ู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ุงู„ู’ุนูŽู…ูŽู„ู ุงู„ู‘ูŽุฐููŠ ู…ูŽุงุชูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู – ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ – ู‚ูŽุงู„ูŽ ุจูุงู„ู’ุฌูŽูˆูŽุงุฒู.

Ada pun perbedaan mereka tentang shalat setelah Ashar disebabkan oleh adanya atsar-atsar yang bertentangan. Dalam hal ini ada dua riwayat yang bertentangan.

PERTAMA. Hadits Abu Hurairah yang disepakati keshahihannya bahwa: โ€œRasulullahย ๏ทบย melarang shalat setelah Ashar sampai terbenamnya matahari dan melarang shalat setelah subuh sampai terbitnya matahari.โ€

KEDUA. Hadits โ€˜Aisyah, Beliau berkata: โ€œRasulullahย ๏ทบย tidak pernah meninggalkan dua shalat di rumahku sedikit pun baik diam-diam atau terang-terangan, yaitu dua rakaat sebelum Subuh, dan dua rakaat setelah Ashar.โ€

Maka, bagi siapa yang menguatkan hadits Abu Hurairah akan berpendapat hal itu terlarang, dan siapa yang menguatkan hadits โ€˜Aisyah atau menilainya hadits ini menghapus hadits sebelumnya, karena ini adalah perbuatan yang Beliauย ๏ทบย lakukan sampai wafat, akan berpendapat ini boleh. (Bidayatul Mujtahid, 1/110)

๐Ÿ“š Sikap Terbaik

Sikap terbaik adalah seperti yang diajarkan oleh para imam, agar kita toleran atas perselisihan fiqih seperti ini.

Diceritakan dari Imam Ahmad bin Hambal tentang shalat sunah setelah Ashar, beliau berkata:

ู„ุง ู†ูุนู„ู‡ ูˆู„ุง ู†ุนูŠุจ ูุงุนู„ู‡

Kami tidak melakukannya tapi kami tidak juga menilai aib orang yang melakukannya. (Al Mughni, 2/87, Syarhul Kabir, 1/802)

Imam Abu Nuโ€™aim mengutip ucapan Imam Sufyan Ats Tsauri, sebagai berikut:

ุณููŠุงู† ุงู„ุซูˆุฑูŠุŒ ูŠู‚ูˆู„: ุฅุฐุง ุฑุฃูŠุช ุงู„ุฑุฌู„ ูŠุนู…ู„ ุงู„ุนู…ู„ ุงู„ุฐูŠ ู‚ุฏ ุงุฎุชู„ู ููŠู‡ ูˆุฃู†ุช ุชุฑู‰ ุบูŠุฑู‡ ูู„ุง ุชู†ู‡ู‡.

โ€œJika engkau melihat seorang melakukan perbuatan yang masih diperselisihkan, padahal engkau punya pendapat lain, maka janganlah kau mencegahnya.โ€ (Imam Abu Nuโ€™aim al Asbahany,ย Hilyatul Auliyaโ€™, 3/ 133)

Imam As Suyuthi berkata dalam kitabย Al Asybah wa An Nazhair:

ุงู„ู’ู‚ูŽุงุนูุฏูŽุฉู ุงู„ู’ุฎูŽุงู…ูุณูŽุฉู ูˆูŽุงู„ุซู‘ูŽู„ูŽุงุซููˆู†ูŽ โ€ ู„ูŽุง ูŠูู†ู’ูƒูŽุฑู ุงู„ู’ู…ูุฎู’ุชูŽู„ูŽูู ูููŠู‡ู ุŒ ูˆูŽุฅูู†ู‘ูŽู…ูŽุง ูŠูู†ู’ูƒูŽุฑู ุงู„ู’ู…ูุฌู’ู…ูŽุนู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู

Kaidah yang ke-35, โ€œTidak boleh ada pengingkaran terhadap masalah yang masih diperselisihkan. Seseungguhnya pengingkaran hanya berlaku pada pendapat yang bertentangan dengan ijmaโ€™ย (kesepakatan) para ulama.โ€ (Imam As Suyuthi,ย Al Asybah wa An Nazhair, 1/285)

Wallahu Aโ€™lam

๐ŸŒท๐Ÿƒ๐Ÿ‚๐ŸŒพ๐ŸŒป๐ŸŒน๐ŸŒฟ๐Ÿ€

โœ Farid Nu’man Hasan
 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here