Home Tazkiyatun Nufus Bertahan, Berpikir Positif, dan Optimis

Bertahan, Berpikir Positif, dan Optimis

187
0
SHARE

image

[Ilmun Nafi’ Taushiyah Center]
One Day One Hadith
Edisi: Kamis 05.Rajab.1437

سنن النسائي 1819- أَبَا هُرَيْرَةَ يَقُولُ : قَالَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم : لاَ يَتَمَنَّيَنَّ أَحَدُكُمُ الْمَوْتَ ، إِمَّا مُحْسِنًا فَلَعَلَّهُ أَنْ يَعِيشَ يَزْدَادُ خَيْرًا وَهُوَ خَيْرٌ لَهُ ، وَإِمَّا مُسِيئًا فَلَعَلَّهُ أَنْ يَسْتَعْتِبَ. الجامع الصغير وزيادته 13568 –  قال الشيخ الألباني : ( صحيح )
Abu Hurairah berkata: Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda: Benar-benar janganlah salah seorang di antara kalian mengangan-angankan kematian. Adakalanya dia adalah orang yang baik, maka barangkali akan dapat bertambah baik; dan adakalanya dia adalah orang yang banyak berbuat buruk, maka barangkali dia tidak akan mengulangi perbuatan jeleknya dan bertaubat. HR An-Nasai 1819, Shahih.

عمدة القاري شرح صحيح البخاري (35/ 339، بترقيم الشاملة آليا)
قوله يستعتب أي يسترضي الله بالتوبة
Sabda beliau: “يستعتب” maksudnya adalah memohon keridlaan Allah dengan bertaubat. (Umdatul Qari 35/339)

Sebagian memaknainya dengan makna lain, yaitu:
تفسير غريب ما فى الصحيحين البخارى ومسلم (ص: 162)
أي يرجع عن الإساءة إلى الإحسان
Maksudnya adalah berhenti dari berbuat buruk dan beralih kepada perbuatan baik. (Tafsir Gharib 162)

كشف المشكل من حديث الصحيحين (ص: 996)
اعلم أن تمني الموت اختيار من العبد لنفسه ما يظن فيه الخيرة والخيرة غائبة عن الآدمي لا يعلمها والمؤمن إذا بقي ازداد خيرا أو تاب من شر والإستعتاب الرجوع عن الإساءة إلى الإحسان
Perlu diketahui bahwa mengangankan kematian itu merupakan bentuk pilihan seseorang untuk dirinya yang mana menurutnya ini adalah yang terbaik. Padahal, sesatu yang terbaik bagi manusia itu adalah ghaib dan tidak ada yang mengetahuinya (sehingga persangkaan yang dilakukan oleh seseorang itu belum tentu benar dan sesuai_pen).
Adapun orang yang beriman, bila mana dia masih diberi kesempatan hidup, maka dia akan dapat bertambah baik atau dia akan bertaubat dari melakukan perbuatan buruk.
Sedangkan yang dimaksud dengan “يستعتب” itu adalah berhenti dari melakukan perbuatan buruk kemudian beralih kepada perbuatan baik. (Kasyful Musykil 996)

التمهيد لما في الموطأ من المعاني والأسانيد (18/ 28)
فهذه الآثار وما كان مثلها يدلك على أن حب لقاء الله ليس بتمني الموت والله أعلم
Atsar/ riwayat ini dan yang semisalnya, menunjukkan bahwa kecintaan seseorang terhadap pertemuan dengan Allah itu tidak termasuk kategori mengangankan / mengharapkan kematian, wallaahu a’lam..

Saudaraku, bisa jadi kita diuji dengan ujian yang menurut kita sangat berat bahkan mencapai puncak derita dan kesengsaraan.. Tapi, dalam kondisi demikian ini kita diajarkan untuk tetap optimis dan putus harapan.

Seringkali terbesit dalam benak “Ya Allah, lebih baik aku mati saja daripada terus menerus menderita”.

Saudaraku, kalimat di atas adalah bentuk keputus asaan. Kita mungkin berprasangka bahwa mati adalah yang terbaik bagi diri kita. Namun, perlu di ingat bahwa yang mengetahui segala yang terbaik baik diri kita hanyalah Allah. Menurut kita adalah jalan terbaik, namun bisa jadi menurut Allah adalah sebaliknya.

Maka, mintalah kepada Allah Sesuatu yang terbaik. Bisa jadi nantinya, kita tetap hidup dalam derita adalah yang terbaik. Sehingga dengan demikian, dosa kita digugurkan oleh Allah dengan sebab kesabaran dan keridlaan kita dalam menjalani ketetapannya. Atau mungkin, Allah berkenan menguji kesabaran kita sejenak, yang nantinya akan diganti dengan kesembuhan dan limpahan nikmat dengan sebab kesabaran kita selama menjalani ujian tersebut. Atau bahkan, yang terbaik bagi diri kita menurut ilmu Allah adalah kematian. Sehingga ini menjadi penutup segala derita yang telah menguras segala-galanya dari diri kita.

Tetaplah optimis, bersabar, bertahan, dan terus berpikir positif dengan banyak memohon yang terbaik dan terbaik untuk diri kita di dunia dan di akhirat kelak..

==================================================
Yuk.. Raih Pahala Dengan Cara ..
Share Taushiyah ini ke seluruh penjuru dunia.. Ok?

Admin: Aa Fillah Yusuf Rahmatullah
[Call/SMS : 087736440336 WhatsApp 087835446606]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*