Home Doa dan Dzikir Do’a Ketika Mengenakan Pakaian Baru (1)

Do’a Ketika Mengenakan Pakaian Baru (1)

431
0
SHARE

 

اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ كَسَوْتَنِيهِ أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَا صُنِعَ لَهُ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ، وَشَرِّ مَا صُنِعَ لَهُ

“Ya Allah, hanya milik-Mu segala puji, Engkaulah yang memberi pakaian ini kepadaku. Aku mohon kepada-Mu untuk memperoleh kebaikannya dan kebaikan yang ia diciptakan karenanya. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatannya dan kejahatan yang ia diciptakan karena-nya”. (HR. Abu Dawud, At-Tirmidzi, Al-Baghawi dan lihat Mukhtashar Syamaailit Tirmidzi, oleh Al-Albani, hal: 47)

📝 Pembawa hadits adalah Abu Sa’id Al-Khudriy dan Sa’ad bin Malik radhiyallahu ‘anhu.

Sabda beliau, “Aku mohon kepada-Mu untuk memperoleh kebaikannya dan kebaikan yang ia diciptakan karenanya” maksudnya: kebaikan pakaian yaitu tahan lama dan bersih, serta memakainya dapat memenuhi berbagai keperluan digunakannya pakaian.

Yang dimaksud dengan kebaikan yang ia diciptakan karenanya adalah kebutuhan-kebutuhan yang dengan sebab itulah ia diciptakan seperti melindungi dari panas, dingin, dan menutup aurat.
Yang dimaksud dengan meminta kebaikan dalam hal ini, dan benar-benar meminta manfaat dari tujuan dibuatnya pakaian, ialah berupa pertolongan untuk ibadah dan taat kepada Allah Ta’ala.
Adapun keburukan pakaian ialah kebalikan dari hal-hal yang telah disebutkan, yaitu pakaian yang haram, najis, dan tidak awet. Begitu pula pakaian yang menjadi sebab maksiat, keburukan, berbangga-bangga, ujub, terlena, dan tidak qona’ah.

〰〰〰〰〰〰〰〰〰
Syarah diambil dari kitab Syarhu Hishnul Muslim karya Majdi bin Abdul Wahhab
📱 Dapatkan Broadcast (bukan grup) Syarah Doa dan Dzikir dari Kitab Hishnul Muslim.
📋 Untuk mendaftar ketik: Daftar_nama_ikhwan/akhwat_kota
📋 Untuk berhenti berlangganan ketik: Stop_nama_kota
kirim ke 089671933394 (ikhwan) atau 082138101100 (akhwat) via WhatsApp.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here