Home Doa dan Dzikir Dzikir-dzikir Setelah Salam (1)

Dzikir-dzikir Setelah Salam (1)

438
0
SHARE

🌾 *Syarah Do’a dan Dzikir*

Dzikir-dzikir Setelah Salam (1)

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ (3×) اَللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ، وَمِنْكَ السَّلاَمُ، تَبَارَكْتَ يَا ذَا الْجَلاَلِ وَاْلإِكْرَامِ

“Aku minta ampun kepada Allah (3x). Ya Allah, Engkaulah As-Salam, dan dari-Mu keselamatan, Maha Berkah Engkau, wahai Dzat Pemilik Keagungan dan Kemuliaan.”

(HR. Muslim 1/415 no. 594).

📝 Pembawa hadits adalah Tsauban Al-Hasyimi radhiyallahu ‘anhu.

Kalimat, “Aku memohon ampun kepada Allah -tiga kali-” maksudnya adalah membaca istighfar sebanyak tiga kali. Seseorang berkata kepada Al-Auza’i, yang merupakan salah satu perawi hadits, “Bagaimanakah cara istighfar?” Beliau menjawab, “Astaghfirullah, astaghfirullah.”

Kalimat, “Engkaulah As-Salam” maksudnya Engkau selamat (terbebas) dari segala kekurangan dan keburukan, serta tidak akan pernah memiliki kekurangan dan kesalahan. As-Salam adalah salah satu nama Allah Ta’ala. Maka Allah adalah As-Salam. Dia menyematkan sifat selamat pada diri-Nya karena dia selamat (terbebas) dari segala kekurangan; bisa juga dimaknai karena Dialah yang memberikan keselamatan. 

Kalimat, “Dan dari-Mu keselamatan,” As-Salamah berarti keselamatan. Makna kalimat ini ialah: Bahwasanya dari-Mu lah keselamatan diharapkan, diminta, dan didapatkan oleh para hamba-Mu.
Kalimat, “Engkau Maha Berkah” maksudnya: Engkau Maha Tinggi dan Maha Agung. Adapun makna asalnya ialah: banyak dan luas kebaikan-Mu ya Allah. Ada pula yang menyatakan maknanya: Engkau kekal abadi.
Kalimat, “Wahai Dzat Pemilik Keagungan dan Kemuliaan” maksudnya: Dialah Dzat yang pantas mendapat sebutan tersebut karena keagungan dan kemuliaannya. Dialah yang pantas untuk disanjung karena sifat-Nya yang mulia. Lafadz Al-Jalal adalah mashdar dari Al-Jalil. Dikatakan bahwa makna jalil: agung, yang jelas keagungannya. Adapun makna Al-Jalal ialah: yang paling agung kedudukannya.
Dengan demikian, maknanya: bahwasanya Allah Ta’ala berhak untuk diagungkan dan dimuliakan. Tidak ada yang membantah hal itu. Tidak ada yang mengingkarinya. Dialah Sang Pemelihara yang pantas untuk diagungkan dan dimuliakan oleh para hamba-Nya. 
〰〰〰〰〰〰〰〰

📜 Syarah doa diambil dari kitab Syarhu Hisnul Muslim karangan Majdi bin Abd Wahhab.

📱 Dapatkan Broadcast (bukan grup) Syarah Doa dan Dzikir dari Kitab Hishnul Muslim.
📋 Untuk mendaftar ketik: Daftar_nama_ikhwan/akhwat_kota
📋 Untuk berhenti berlangganan ketik: Stop_nama_kota
kirim ke 089671933394 (ikhwan) atau 082138101100 (akhwat) via WhatsApp.

⚠ Simpan salah satu nomor di atas agar broadcast dapat masuk di nomor Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here