Home Doa dan Dzikir Dzikir-dzikir Setelah Salam (2)

Dzikir-dzikir Setelah Salam (2)

399
0
SHARE

🌾 Syarah Do’a dan Dzikir

Dzikir-dzikir Setelah Salam (2)

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ، وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ، اَللَّهُمَّ لاَ مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ، وَلاَ مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ، وَلاَ يَنْفَعُ ذَا الْجَدِّ مِنْكَ الْجَدُّ

“Tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah, Yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan dan bagi-Nya pujian. Dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Ya Allah, tidak ada yang mencegah apa yang Engkau beri, dan tidak ada yang memberi apa yang Engkau cegah. Tidak berguna kekayaan dan kemuliaan itu bagi pemiliknya (selain iman dan amal shalihnya). Hanya dari-Mu kekayaan dan kemuliaan.”

(HR. Al-Bukhari 1/255 dan Muslim 1/414).

📝 Pembawa hadits adalah Mughirah bin Syu’bah radhiyallahu ‘anhu.

Kalimat, “tidak ada yang dapat mencegah pemberian-Mu” maksudnya: tak ada seorang pun yang mampu untuk menghalangi apa yang kau berikan kepada hamba-Mu. Maka jika Allah beekehendak untuk memberikan sesuatu kepada seseorang, seandainya seluruh manusia dan jin bersekongkol untuk menghalangi pemberian tersebut, niscaya mereka tidak akan mampu.

Kalimat, “tidak ada yang dapat memberikan apa yang Kau cegah” maksudnya: tak ada satu makhluk pun yang mampu memberikan apa yang kau halangi pemberian tersebut.

Kalimat, “tidak berguna kekayaan dan kemuliaan itu bagi pemiliknya. Hanya dari-Mu kekayaan dan kemuliaan” maksudnya: kekayaan para hartawan tidak akan bisa mencegah siksa-Mu.

〰〰〰〰〰〰〰〰

📜 Syarah doa diambil dari Kitab Syarhu Hisnul Muslim karangan Majdi bin Abd Wahhab.

📲 Daftarkan diri untuk menerima broadcast *Syarah Doa dan Dzikir*

📋 Ketik: Daftar_nama_kota_ikhwan/akhwat

📋 Untuk berhenti berlangganan, ketik: Stop_hisnulmuslim

📲 Kirim ke 089671933394 (ikhwan) atau 082138101100 (akhwat) via WhatsApp.

⚠ Simpan salah satu nomor di atas agar broadcast dapat masuk di nomor Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here