Home Doa dan Dzikir Dzikir-dzikir Setelah Salam (3)

Dzikir-dzikir Setelah Salam (3)

779
0
SHARE

🌾 Syarah Do’a dan Dzikir

Dzikir-dzikir Setelah Salam (3)

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ، وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ، لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ، وَلاَ نَعْبُدُ إِلاَّ إِيَّاهُ، لَهُ النِّعْمَةُ وَلَهُ الْفَضْلُ وَلَهُ الثَّنَاءُ الْحَسَنُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ، مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُوْنَ

“Tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah, Yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan dan bagi-Nya pujian. Dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah. Tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah. Kami tidak menyembah kecuali Dia (Allah). Milik-Nya berbagai nikmat, anugerah dan pujaan yang baik. Tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah, dengan memurnikan ibadah kepada-Nya, sekalipun orang-orang kafir membencinya.”

(HR. Muslim 1/415, nomor 594)

📝 Pembawa hadits adalah Abdullah bin Zubair radhiyallahu ‘anhu.

Kalimat, “Tidaklah kami menyembah kecuali Dia (Allah)” maksudnya: penyembahan kami hanya untuk Allah Ta’ala, tidak halal untuk selain-Nya.

Kalimat, “milik-Nya berbagai nikmat”, yaitu nikmat dhahir dan batin. Ini adalah makna kalimat jika nun dibaca kasrah (ni’mah). Adapun jika nun dibaca fathah (na’mah), maka artinya kesenangan, suka cita, dan hidup yang penuh kebahagiaan.

Kalimat, “milik-Nya anugerah” ialah anugerah dalam segala hal. “Dan Allah adalah Pemilik Anugerah yang Agung.” (QS. Al-Baqarah ayat 105).

Kalimat, “bagi-Nya pujaan yang baik.” Pujaan  di kalimat ini mencakup seluruh pujian, sanjungan, dan syukur. Dan sebenarnya seluruh sanjungan kepada Allah adalah baik, meskipun tidak disebut sanjungan yang baik.

Yang dimaksud dengan “agama” di sini ialah tauhid (mengesakan Allah).

Kalimat, “walaupun orang-orang kafir membencinya” maksudnya ialah: meskipun orang-orang kafir membenci keadaan kami yang memurnikan ibadah kepada Allah, dan keadaan kami sebagai hamba-hamba Allah.

〰〰〰〰〰〰〰〰

📜 Syarah doa diambil dari Kitab Syarhu Hisnul Muslim karangan Majdi bin Abd Wahhab.

📲 Daftarkan diri untuk menerima broadcast *Syarah Doa dan Dzikir*

📋 Ketik: Daftar_nama_kota_ikhwan/akhwat

📋 Untuk berhenti berlangganan, ketik:

Stop_hisnulmuslim

📲 Kirim ke 089671933394 (ikhwan) atau 082138101100 (akhwat) via WhatsApp.

⚠ Simpan salah satu nomor di atas agar broadcast dapat masuk di nomor Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here