Home Siroh Minuman Kegemaran Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam di Bulan Ramadhan

Minuman Kegemaran Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam di Bulan Ramadhan

1059
0
SHARE

Infused Energi Saat Puasa dengan “Air Nabeez” Kegemaran Rasulullah…

Apa itu Nabeez atau air nabeez?

Mungkin tidak banyak di kalangan kita yang mengenal air nabeez ini. Air nabeez adalah minuman sunnah kegemaran Rasulullah, yang merupakan air rendaman Kurma atau Kismis/Raisin.

Hadeeth From Sunan Abu Dawood ~ Book of drinks =>Narrated Ad-Daylami:
Air rendaman Kurma atau Kismis ini merupakan air tonik alkalin yang bermanfaat untuk:
๐Ÿ‘‰ metabolisme
๐Ÿ‘‰ menghapus kadar keasaman pada lambung
๐Ÿ‘‰ membersihkan sisa metabolisme dari tubuh
๐Ÿ‘‰ meningkatkan fungsi pencernaan
๐Ÿ‘‰ menambah daya ingat
๐Ÿ‘‰ memperbaiki masalah limpa, hati dan bagi pasien yang memiliki masalah arthritis dan asam urat (gout), mengkonsumsi air nabeez ini adalah salah satu alternatif terapi untuk kesehatan penderita arthritis dan gout.
Insyaa Allah…

Tapi perlu diingat => JANGAN dicampur Kurma dan Kismis.
(DO NOT MIX DATES AND RAISINS WHILE PREPARING NABEEZ).

Bagaimana Cara Membuat Air Nabeez?

Cara membuat air nabeez ini cukup mudah, hanya dengan merendam beberapa butir Kurma dengan segelas air minum yang ditutup wadahnya. Ikuti sunnah, ambil bilangan ganjil ya, 3 butir, 5 butir atau 7 butir Kurma tergantung selera. Air rendaman inilah “NABEEZ”, yang baru diminum setelah 10-12 jam kemudian.

Air rendaman Kurma atau ‘nabeez’ jika di buat waktu Sahur, diminumnya saat berbuka puasa.

Bila dikonsumsi saat Sahur, maka bisa disiapkan sejak jam 5 atau 6 sore.

Pengalaman saya sejauh ini ketika disiplin mengkonsumsi air nabeez, meskipun saat sahur hanya makan sedikit, lalu lanjut minum air nabeez, badan terasa lebih bertenaga, puasa pun tetap segar dan fit.ย Dan saat berbuka juga sama, sebelum makan makanan besar, ย terlebih dulu berbuka dengan air nabeez.

Untuk takaran yang biasa saya buat, 3 butir Kurma dalam segelas kecil air yang ditutup wadahnya. Untuk pilihan Kurmanya (berhubung ada banyak jenis Kurma di pasaran), Kurma jenis Ajwa atau Manaqqa terasa lebih sedap ketika dijadikan rendaman air nabeez ini. Kurma Ajwa ini berwarna hitam, kecil, lembut, manis, dan berasal dari Madinah.

Kurma yang kurang lebih sama berwarna hitam dan lembut seperti Kurma Ajwa, juga bisa digunakan sebagai rendaman air nabeez ini, contoh: product Tunisia.

##Perlu diingat bahwa air nabeez ini tidak boleh dibiarkan lebih dari 2-3 hari, karena akan menyebabkan fermentasi dan tidak boleh lagi dikonsumsi. Kenapa? Karena saat fermentasi sudah berlangsung, maka ini awal terbentuknya alkohol dalam artian, minuman tersebut menjadi bagian dari minuman beralkohol dan hukumnya menjadi haram.##

Jadi, sebaiknya daily fresh saja dalam penyediaan air nabeez ini. Dibuat pagi/subuh, diminumnya ketika berbuka puasa. Dibuat malam/sore, dikonsumsinya ketika sahur. Rendaman Kurma bisa langsung dimakan setelah airnya diminum dan terasa lebih nikmat dan lembut.

Selamat mencoba, insyaa Allah akan merasakan manfaatnya setelah beberapa hari mengkonsumsi air nabeez ini…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here