Home Remaja Untuk Melihat dan Mendengar, Bu…

Untuk Melihat dan Mendengar, Bu…

265
0
SHARE

Alhamdulillahirabbil’alamin. Segala puji bagi Allah Ta’ala yang telah menciptakan manusia dalam wujud yang terbaik. Dialah yang menciptakan manusia dengan apa yang disebut dengan sistem digesti, sistem respirasi, sistem saraf, dan sistem-sistem yang lainnya.

Seandainya ada yang bertanya, “Apa gunanya penglihatan dan pendengaran kita?”  barangkali jawabannya bermacam-macam. Jawaban yang didapat tergantung siapa yang ditanya. Anak SD mungkin menjawab, “Untuk mendengar dan melihat, Bu!!!” Mahasiswa Fisipol bisa jadi menjawab, “Untuk menjalankan komunikasi efektif dalam interaksi antarindividu.” Sementara itu, mahasiswa kedokteran mungkin menjawab, “Untuk menerima dan mengolah stimulus berupa gelombang suara dan gelombang elektromagnetik.”

Apa pun jawabannya, yang penting kita harus menyadari bahwa ada yang menciptakan pendengaran dan penglihatan. Sistem indera terlalu canggih untuk ada dan muncul secara kebetulan. Nah, kita sepakat bahwa Allah Ta’ala yang telah menciptakan pendengaran, penglihatan, dan semua yang ada di tubuh manusia. Sebenarnya, pendengaran dan penglihatan itu buat apa sih?

Allah Subhanahu wa Ta’ala berkalam yang artinya, “Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk (isi neraka Jahannam) kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat(tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakan untuk mendengar(ayat-ayat ALLAH). Mereka itu bagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai.” (QS. Al-A’raaf: 179).

Dalam Aysarut tafaasir diterangkan bahwa yang dimaksud dengan memahami adalah memahami kalam Allah dan sabda Rasululllah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Yang dimaksud dengan melihat adalah melihat tanda-tanda kekuasaan Allah yang bersifat kauniyah. Yang dimaksud dengan mendengar adalah mendengarkan kebenaran dan kebaikan.

Allah Ta’ala telah menciptakan hati (qolbu), pendengaran, dan penglihatan untuk memudahkan jin dan manusia melaksanakan perintah dan hak-hak Allah. Akan tetapi, ada orang-orang yang tidak menggunakannya sebagaimana mestinya, sebagaimana dijelaskan di ayat ini. Oleh karena itu, mereka akan dimasukkan ke jahannam. Dalam kehidupannya di dunia, perbuatan orang-orang itu memang perbuatan penghuni neraka. Jadi dari amalnya di dunia, sudah terlihat bahwa dia akan masuk neraka.

Adapun orang-orang yang menggunakan jasadnya untuk ibadah kepada Allah serta memenuhi hatinya dengan iman dan cinta kepada Allah, bukannya lalai, mereka adalah penghuni surga. Di kehidupan dunia perbuatan mereka adalah perbuatan penghuni surga. Jadi dari amalnya di dunia, sudah terlihat bahwa dia akan masuk surga.

Inilah sebuah catatan kecil. Semoga Allah menjadikannya sebagai pengingat hakikat kehidupan untuk kita. Semoga Allah Ta’ala memudahkan kita untuk memahami Al-Qur’an dan sunnah Rasul-Nya, mentadabburi tanda-tanda kekuasaannya di alam semesta, dan untuk mendengar serta menerima nasihat kebaikan yang datang kepada kita. Seseorang akan dimudahkan menuju takdirnya. Kalau dia ditakdirkan masuk surga, dia akan dimudahkan untuk melakukan kebaikan dan dipersulit dari berbuat keburukan. Jadi, dia merasa ringan untuk beramal sholeh dan merasa berat untuk bermaksiat. Begitu pula sebaliknya. Ehm… kita termasuk yang mana? (hehe…)

Satu lagi, bagi seorang mahasiswa kedokteran sudah wajar bahwa dia belajar ilmu kedokteran dalam kesehariannya. Hal itu untuk menjalankan profesinya sebagai dokter kelak. Nah, sejak lahir kita sudah berprofesi sebagai hamba Allah, sejak baligh kita sudah diberi dosa dan pahala. Sungguh aneh jika kita tidak tahu apa yang harus kita lakukan sebagai hamba Allah. Untuk mengetahuinya, kita butuh ilmu. Maka marilah terus memahami ayat-ayat Allah, dengan mempelajari Al-Qur’an dan sunnah nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Ditulis oleh: Abu Ahda

Artikel AnaMuslim.org

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here