Home Muslimah Wanita haidh memegang mushaf Al-Qur’an, bolehkah? Terlarangkah?

Wanita haidh memegang mushaf Al-Qur’an, bolehkah? Terlarangkah?

507
0
SHARE

Jawab:

Oleh: AZ (Abu Zaidan al-Mahfouzh)

Editor: AM (Abu Mulazamah al-Mihraby)

-Bârakallâhu fî auqâtihimâ wa ja’ala mafâtîhal khairi fî aidîhimâ. Âmîn.-

 

Alhamdulillah, wa la haula wa la quwwata illa billah. Amma ba’du,

  1. Alloh Swt menegaskan:

ذَلِكَ وَمَنْ يُعَظِّمْ شَعَائِرَ اللَّهِ فَإِنَّهَا مِنْ تَقْوَى الْقُلُوبِ  [الحج : 32]

“Itulah (gambaran orang yang menyekutukan Alloh Swt). Dan siapapun mengagungkan syi’ar-syi’ar[1] Alloh, maka sungguh itu termasuk dari (perbuatan orang-orang yang memiliki) taqwa dalam hati-hati.” Q.S. al-Hajj (22): 32.

Ulama` menilai mushaf al-Qur’an termasuk syi’ar-syi’ar Alloh Swt.

 

  1. Hadits shahih menegaskan:

عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّ رَسُولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم نَهَى أَنْ يُسَافَرَ بِالْقُرْآنِ إِلَى أَرْضِ الْعَدُوِّ.

Dari ‘Abdullah bin ‘Umar ra, bahwa Rasulullah saw melarang untuk bersafar membawa al-Qur’an ke kawasan musuh. HR Bukhari 2990.

Mengapa dilarang?! HR Muslim 4947 menegaskan:

عَنْ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- أَنَّهُ كَانَ يَنْهَى أَنْ يُسَافَرَ بِالْقُرْآنِ إِلَى أَرْضِ الْعَدُوِّ مَخَافَةَ أَنْ يَنَالَهُ الْعَدُوُّ.

Rasulullah saw melarang untuk bersafar ke kawasan musuh dengan membawa al-Qur’an, karena dikhawatirkan al-Qur’an akan ditemukan oleh musuh (lalu dihinakan -ed).

Imam Bukhari menulis dalam kitab Shahihnya 4/68:

129- باب السَّفَرِ بِالْمَصَاحِفِ إِلَى أَرْضِ الْعَدُوِّ.

129- Bab Bersafar ke Negara Musuh dengan Membawa Mushaf-mushaf.

وَكَذَلِكَ يُرْوَى ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ بِشْرٍ عَنْ عُبَيْدِ اللهِ عَنْ نَافِعٍ ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ ، عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم.

Demikianlah diriwayatkan dari Muhammad bin Bisyr bin ‘Ubaidillah dari Nafi’ dari Ibnu ‘Umar dari Nabi saw.

وَقَدْ سَافَرَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم وَأَصْحَابُهُ فِي أَرْضِ الْعَدُوِّ وَهُمْ يَعْلَمُونَ الْقُرْآن.

Dan Nabi saw beserta para shahabat beliau telah bersafar ke Negara musuh, sementara mereka mengetahui/memahami al-Qur’an[2].

 

  1. Imam Malik menulis (al-Muwattha` 1/275):

130- بَابُ الأََمْرِ بِالْوُضُوءِ لِمَنْ مَسَّ الْقُرْآنَ.

130 –Bab Perintah untuk Berwudhu bagi Orang yang Menyentuh al-Qur’an.

534– عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي بَكْرِ بْنِ حَزْمٍ ، أَنَّ فِي الْكِتَابِ الَّذِي كَتَبَهُ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم لِعَمْرِو بْنِ حَزْمٍ : أَنْ لاَ يَمَسَّ الْقُرْآنَ إِلاَّ طَاهِرٌ.

Dari ‘Abdullah bin Abi Bakr bin Hazm, bahwa dalam surat yang ditulis Rasulullah saw kepada ‘Amr bin Hazm tertera: “Tidak boleh menyentuh al-Qur’an selain orang suci.”

535– قَالَ مَالِكٌ : وَلاَ يَحْمِلُ أَحَدٌ الْمُصْحَفَ بِعِلاَقَتِهِ وَلاَ عَلَى وِسَادَةٍ إِلاَّ وَهُوَ طَاهِرٌ ، وَلَوْ جَازَ ذَلِكَ لَحُمِلَ فِي خَبِيئَتِهِ وَلَمْ يُكْرَهْ ذَلِكَ ، لأَنْ يَكُونَ فِي يَدَيِ الَّذِي يَحْمِلُهُ شَيْءٌ يُدَنِّسُ بِهِ الْمُصْحَفَ ، وَلَكِنْ إِنَّمَا كُرِهَ ذَلِكَ لِمَنْ يَحْمِلُهُ وَهُوَ غَيْرُ طَاهِرٍ ، إِكْرَامًا لِلْقُرْآنِ وَتَعْظِيمًا لَهُ.

Malik berfatwa, “Seorang pun tiada boleh membawa mushaf dengan memegang gantungannya atau diletakkan di atas bantal, kecuali jika dia suci. Andai hal itu boleh, (tentu boleh pula) dibawa dalam bungkusnya. Hal itu tidaklah makruh (dibenci) disebabkan adanya sesuatu yang dapat mengotori mushaf pada tangan orang yang membawanya, akan tetapi tiada lain makruh bagi orang yang membawanya dalam kondisi tidak suci; ini demi penghormatan dan pengagungan terhadap mushaf al-Qur’an.

536– قَالَ مَالِكٌ : أَحْسَنُ مَا سَمِعْتُ فِي هَذِهِ الآيَةِ {لاَ يَمَسُّهُ إِلاَّ الْمُطَهَّرُونَ} [الواقعة] إِنَّمَا هِيَ بِمَنْزِلَةِ هَذِهِ الآيَةِ ، الَّتِي فِي {عَبَسَ وَتَوَلَّى} [عبس] ، قَوْلُ اللَّهِ تَبَارَكَ وَتَعَالَى : {كَلاَّ إِنَّهَا تَذْكِرَةٌ ، فَمَنْ شَاءَ ذَكَرَهُ ، فِي صُحُفٍ مُكَرَّمَةٍ . مَرْفُوعَةٍ مُطَهَّرَةٍ . بِأَيْدِي سَفَرَةٍ . كِرَامٍ بَرَرَةٍ}.

Malik berfatwa, “Tafsir terbaik yang kudengar untuk ayat ini: Tidak menyentuhnya selain kaum yang disucikan (dalam surah al-Waqi’ah), tiada lain ayat ini semisal ayat dalam surah ‘Abasa wa tawalla, yaitu Kalam Alloh Tabaraka wa Ta’ala: Sekali-kali tidak! Sungguh ia merupakan peringatan! Maka siapapun mau, ia membacanya (lalu mengambil peringatan darinya). Di dalam lembaran-lembaran yang dimuliakan; ditinggikan lagi disucikan; di tangan para safir (utusan) yang mulia lagi taat.”[3]

 

  1. Imam Syaukani menulis (Bustanul Akhbar[4] ringkasan Nailul Authar 1/121):

بَابُ إيجَابِ الْوُضُوءِ لِلصَّلاةِ وَالطَّوَافِ وَمَسِّ الْمُصْحَفِ

Bab Wajib Berwudhu untuk Shalat, Thawaf, dan Menyentuh Mushhaf.

339- وَعَنْ أَبِي بَكْرِ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرِو بْنِ حَزْمٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَدِّهِ أَنَّ النَّبِيَّ ? كَتَبَ إلَى أَهْلِ الْيَمَنِ كِتَابًا وَكَانَ فِيهِ: « لا يَمَسُّ الْقُرْآنَ إلا طَاهِرٌ » . رَوَاهُ الأَثْرَمُ وَالدَّارَقُطْنِيّ .

  1. Dari Abu Bakr bin Muhammad bin ‘Amr bin Hazm, dari bapaknya, dari datuknya, bahwa Nabi saw menulis sebuah surat kepada penduduk Yaman, di dalamnya tertulis: “Tidak (boleh) menyentuh (mushaf) al-Qur’an selain orang yang suci.” HR Atsram & Daraquthni[5].

340- وَهُوَ لِمَالِكٍ فِي الْمُوَطَّأ مُرْسَلاً عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي بَكْرِ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرِو ابْنِ حَزْمٍ أنَّ فِي الْكِتَابِ الَّذِي كَتَبَهُ رَسُولُ اللَّهِ ? لِعَمْرِو بْنِ حَزْمٍ : « أَنْ لا يَمَسَّ الْقُرْآنَ إلا طَاهِرٌ » .

  1. Hadits tersebut diriwayatkan Malik dalam Muwattha` secara mursal (sanadnya terputus) dari ‘Abdullah bin Abi Bakr bin Muhammad bin ‘Amr bin Hazm, bahwa dalam surat yang ditulis Rasulullah saw kepada ‘Amr bin Hazm tertera: “Tidak menyentuh al-Qur’an selain orang suci.”

وَقَالَ الأَثْرَمُ : وَاحْتَجَّ أَبُو عَبْدِ اللَّهِ – يَعْنِي أَحْمَدَ – بِحَدِيثِ ابْنِ عُمَرَ : « وَلا يَمَسَّ الْمُصْحَفَ إلا عَلَى طَهَارَةٍ » .

Atsram berkata, “Abu ‘Abdillah (Imam Ahmad) berdalil dengan hadits Ibnu ‘Umar: “Tidak (boleh) menyentuh mushaf kecuali dalam (kondisi) suci.”

Syaikh Syaukani menjelaskan (Nailul Authar 1/259):

وقد وقع الإجماع على أنه لا يجوز للمحدث حدث أكبر أن يمس المصحف وخالف في ذلك داود

Telah terjadi ijma’ (kesepakatan ulama`) bahwa tidak boleh bagi orang yang berhadats besar untuk menyentuh mushaf; hanya Dawud (az-Zhahiri) yang melenceng dari ijma` ini.

قال السيد العلامة محمد بن إبراهيم الوزير : إن إطلاق اسم النجس على المؤمن الذي ليس بطاهر من الجنابة أو الحيض أو الحدث الأصغر لا يصح لا حقيقة ولا مجازا ولا لغة صرح بذلك في جواب سؤال ورد عليه فإن ثبت هذا فالمؤمن طاهر دائما فلا يتناوله الحديث سواء كان جنبا أو حائضا أو محدثا أو على بدنه نجاسة

Sayyid ‘Allamah Muhammad bin Ibrahim al-Wazir berkata, “Sungguh penggunaan istilah “najis” terhadap orang mukmin yang tidak suci dari janabah, haidh, atau hadats kecil, tidaklah benar, baik secara hakiki, majasi, maupun lughawi.” Beliau menegaskan hal ini saat menjawab suatu pertanyaan yang diajukan kepada beliau. Jika hal ini benar, maka orang mukmin itu senantiasa suci, maka tidak tercakup dalam hadits (larangan menyentuh al-Qur’an) tersebut, baik ia sedang junub, haidh, berhadats, atau terdapat najis pada tubuhnya.

… إذا تقرر لك هذا عرفت عدم انتهاض الدليل على منع من عدا المشرك وقد عرفت الخلاف في الجنب . وأما المحدث حدثا أصغر فذهب ابن عباس والشعبي والضحاك وزيد بن علي والمؤيد بالله والهادوية وقاضي القضاة وداود إلى أنه يجوز له مس المصحف. وقال القاسم وأكثر الفقهاء والإمام يحيى : لا يجوز

Jika hal ini telah muqarrar (ditetapkan/kokoh) bagi Anda, tentu Anda telah tahu bahwa tidaklah tegak dalil untuk mencegah selain orang musyrik (dari menyentuh al-Qur’an), dan Anda telah mengetahui perbedaan pendapat ulama` mengenai orang junub. Adapun orang yang berhadats kecil, maka menurut Ibnu ‘Abbas, Sya’bi, Dhahhak, Zaid bin ‘Ali, Mu`ayyad billah, Hadawiyah, Qadhi Qudhat, dan Dawud, berpendapat bahwa dia boleh menyentuh mushaf. Adapun al-Qasim dan kebanyakan fuqaha` serta Imam Yahya memfatwakan: Tidak boleh!

 

  1. Syaikh al-Albani menulis (Irwa`ul Ghalil 1/161):

قال إسحاق المروزي في ” مسائل الامام أحمد ” ( ص 5 ) : ” قلت ( يعني لأحمد ) : هل يقرأ الرجل على غير وضوء ؟ قال : نعم ولكن لا يقرأ في المصاحف ما لم يتوضأ . قال إسحاق : كما قال لما صح قول النبي عليه السلام : لا يمس القرآن إلا طاهر وكذلك فعل أصحاب النبي عليه السلام والتابعون ”

Ishaq al-Marwazi berkata dalam Masa`il Imam Ahmad hlm. 5, “Aku bertanya kepada Ahmad: Bolehkah seseorang membaca (Al-Qur’an) tanpa wudhu? Beliau jawab, “Ya. Tetapi tidak membacanya dengan mushaf selama belum berwudhu.” Ishaq berkomentar, “(Benar) sebagaimana beliau tegaskan, berdasarkan hadits shahih sabda Nabi saw: Tidak menyentuh al-Qur’an selain orang suci; demikian pula yang dilakukan oleh para shahabat Nabi ‘alaihissalam dan para tabi’in.”

قلت : ومما صخ [sic] في ذلك عن الصحابة ما رواه مصعب بن سعد بن أبي وقاص أنه قال : كنت أمسك المصحف على سعد بن أي [sic] وقاص فأحتككت [sic] فقال سعد : لعلك مسست ذكرك ؟ قال : فقلت : نعم فقال : قم فتوضأ فقمت فتوضأت ثم رجعت رواه . مالك ( 1 / 42 رقم 59 ) وعنه البيهقي . سنده صحيح .

Aku (Syaikh Albani) berkata: Salah satu riwayat shahih dari shahabat tentang ini adalah riwayat Mush’ab bin Sa’d bin Abi Waqqash, bahwa dia berkata, “Aku biasa memegang mushaf di hadapan Sa’d bin Abi Waqqash, lalu aku menggaruk, maka Sa’d (bapakku) bertanya, “Barangkali kau telah menyentuh kemaluanmu?” kujawab, “Ya.” Dia berkata, “Berdiri lalu berwudhulah.” Aku pun berdiri lalu berwudhu kemudian aku kembali. HR Malik 1/42/59), dan Baihaqi meriwayatkan darinya; sanadnya shahih.

 

  1. Syaikh Mukhtar as-Syanqithi[6] (Syarh Zadil Mustaqni’ 16/20):

حكم مس المصحف للمحدث

Hukum menyentuh mushaf bagi orang yang berhadats.

قال رحمه الله: [ويحرم على المحدث مس المصحف] ويحرم على المحدث مس المصحف وهو القرآن،

Beliau (Musa bin Ahmad abun Naja al-Hijawi) rahimahullah berkata, “Haram menyentuh mushaf bagi orang yang berhadats.” Maksudnya mushaf al-Qur’an.

ودليل ذلك … حديث عمرو بن حزم وقد تلقته الأمة بالقبول، وفيه كتاب النبي صلى الله عليه وسلم: ( أن لا يمس القرآن إلا طاهر ) وقوله: (إلا طاهر) أي: إلا متوضئ، وقال بعض العلماء: (إلا طاهر) يعني: مسلم وليس بمشرك، وهذا قول ضعيف، وحجتهم أنهم قالوا: إن المسلم متطهر، فلا يقال: إن قوله: (طاهر) المراد به: المسلم؛ لقوله عليه الصلاة والسلام لـ أبي هريرة : ( إن المسلم لا ينجس )، وأصحاب هذا القول التبس عليهم الأمر؛ فإن قول النبي صلى الله عليه وسلم: ( إن المسلم لا ينجس ) لا يقتضي التطهير؛ لقوله عليه الصلاة والسلام في الحديث الصحيح: ( إني كنت على غير طهارة ) وقال لـ أم سلمة -كما في الصحيح في غسل الجنابة-: ( ثم تفيضين الماء على جسدك فإذا أنت قد طهرت )

Dalilnya adalah hadits ‘Amr bin Hazm, yang disambut & diterima oleh umat, di dalamnya tertera surat Nabi saw: Tidak boleh menyentuh al-Qur`an selain orang suci. Sabda beliau “orang suci” maksudnya orang yang memiliki wudhu.

Sebagian ulama` menjelaskan bahwa “orang suci” maksudnya orang muslim; bukan musyrik. Pendapat ini lemah! Alasan mereka adalah: “Orang muslim itu mutathahhir (menyucikan diri), maka tidak bisa dikatakan bahwa thahir (orang suci) maksudnya adalah orang muslim, berdasarkan sabda Nabi saw kepada Abu Hirr ra, “Sungguh orang muslim tidaklah najis.”

Mereka yang memegangi pendapat ini rancu dalam masalah ini, sebab sabda Nabi saw “Sungguh muslim tidak najis” tidaklah mengandung konsekwensi menetapkan kesucian seorang muslim, karena adanya sabda Nabi saw dalam hadits shahih: “Sungguh aku dalam kondisi tidak suci”, dan beliau bersabda kepada Umi Salamah ra sebagaimana disebutkan dalam hadits shahih tentang mandi janabah, “Kemudian kau menuangkan air pada ragamu, maka saat itu kau telah suci.”

… وأما الحديث الوارد من أنه: ( لا ينجس ) ففرق بين نفي النجاسة وبين إثبات وصف الطهارة، فإن النصوص في الكتاب والسُّنة تدل على جواز نفي الطهارة عن المؤمن، كقوله عليه الصلاة والسلام: ( إني كنت على غير طهارة فكرهت أن أذكر الله ).

Adapun hadits yang menyebutkan “orang muslim tidak najis”, maka sungguh berbeda antara ‘menafikan kenajisan’ dengan ‘menetapkan sifat suci’, sebab nash-nash dalam al-Kitab (al-Qur’an) dan sunnah menunjukkan bolehnya menafikan kesucian dari orang mukmin, sebagaimana sabda Nabi saw, “Sungguh aku dalam kondisi tidak suci, maka aku tidak suka melafalkan dzikrullah (pada saat itu)[7].”

الدليل الثالث -وهو من القوة بمكان-: هدي السلف الصالح فقد روى مالك في الموطأ: أن ابناً لـ سعد بن أبي وقاص كان يقرأ عليه القرآن والمصحف بين يديه، فيقول ابنه: (فتحسّست أو تحككت، فقال لي أبي: لعلك لمست -أي: لمست العضو- قال: نعم. قال: قم فتوضأ)، فدل على أنه كان معروفاً ومعهوداً عند الصحابة أن مس المصحف لا يكون إلا لمتوضئ، ولذلك يعتبر التطهر من أجل مس المصحف من الأمور التي يختص بها كتاب الله تشريفاً له وتكريماً.

Dalil ketiga –yang notabena sangatlah kokoh- yaitu sikap para salaf shalih. Sungguh Malik telah meriwayatkan dalam al-Muwattha` bahwa putra Sa’d bin Abi Waqqash biasa membaca al-Qur’an di hadapannya sementara mushaf ada di depannya. Putranya bercerita, “Lalu aku meraba-raba atau menggaruk-garuk, maka bapakku bertanya: Barangkali kau menyentuh? Maksudnya menyentuh kemaluan. Dia jawab, “Ya.” Dia berkata, “Berdiri dan berwudhulah.” Hal ini menunjukkan bahwa merupakan suatu perkara yang masyhur dan dimaklumi di kalangan para shahabat bahwa menyentuh mushaf tidak ada kecuali untuk orang yang memiliki wudhu. Karena itulah bersuci untuk tujuan menyentuh mushaf termasuk keistimewaan-keistimewaan al-Qur’an, sebagai bentuk pengagungan dan penghormatan terhadapnya.

 

  1. Kesimpulan ringkas:
  • Jumhur ulama`: Wanita haidh dilarang keras menyentuh mushaf al-Qur’an.
  • Dalilnya: “Tidak boleh menyentuh al-Qur’an selain orang suci” (hadits shahih dari ‘Amr bin Hazm ra.)
  • Shahabat Nabi saw menyuruh orang yang menyentuh kemaluannya untuk berwudhu dulu sebelum menyentuh mushaf al-Qur’an. (atsar shahih dari putra Sa’d bin Abi Waqqash ra.)
  • Sebagian ulama`: Wanita haidh boleh menyentuh mushaf, akan tetapi makruh. Adapun larangan menyentuh mushaf kecuali orang suci, maksudnya adalah non muslim. Sebab muslim itu tetap suci dalam kondisi bagaimana jua pun. [Alasan ini ditolak Syaikh Syanqithi: Menafikan kondisi suci dari orang muslim dilakukan oleh Nabi saw!]
  • Al-muhimm!!!: Menyentuh mushaf al-Qur’an dalam kondisi suci tentu saja lebih baik. Para malaikat mendoakan orang yang tetap berada dalam masjid selepas shalat, selama ia belum berhadats[8]. Nabi saw bersuci setelah buang air[9], dan beliau bersabda, “Tidaklah selalu menjaga wudhu selain orang mukmin[10]”. Alloh Swt menyebutkan sifat ulul albab (kaum cerdas): “Berilah kabar gembira kepada para hamba yang mendengarkan ucapan lalu mengikuti yang terbaik darinya; mereka itulah kaum yang diberi hidayah oleh Alloh, dan mereka itulah ulul albab.” [Lihat: az-Zumar (39): 17-18]

 

  1. Bonus mumtâz:

Atsar dari ‘Utsman ra bahwa ia berkata, “Aku tidak menyentuh kemaluanku dengan tangan kananku, semenjak aku membaiat Rasulullah saw dengan tangan kananku[11]” (HR Ibnu Majah 311) adalah hadits dha’if jiddan (sangat dha’if). Hadits ini dikutip oleh Syaikhuna Abu Faqih hafizhahullah dalam as-Sittunan Nafi’ah[12]. Dalam sanadnya terdapat  rawi bernama الصلت بن دينار, seorang rawi hâlik (rusak). Lihat: Jami’ul Ushul 5122.

Namun makna hadits di atas shahih, yaitu bahwa tangan kanan tidak digunakan untuk istinja` (cebok), berdasarkan hadits shahih:

32 – حَدَّثَتْ حَفْصَةُ زَوْجُ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ يَجْعَلُ يَمِينَهُ لِطَعَامِهِ وَشَرَابِهِ [حم 26504: وطهوره وصلاته] وَثِيَابِهِ [حم 26507: ووضوئه وأخذه وعطائه] وَيَجْعَلُ شِمَالَهُ لِمَا سِوَى ذَلِكَ.

Hafshah istri Nabi saw menceritakan bahwa Nabi saw biasa menggunakan tangan kanan beliau untuk makan, minum, berwudhu, shalat, berpakaian, berwudhu, menerima/mengambil, dan memberi; dan beliau memakai tangan kirinya untuk hal-hal selain itu. HR Abu Dawud 32 & Ahmad; hadits shahih.

 

الحمد لله الذي بنعمته تتم الصالحات

وبارك اللهم ربنا في أوقاتنا آمين. وحركاتنا آمين. وسكناتنا آمين. وفيما أعطيتنا آمين.

[Alhamdulillah, selesai ditulis pada: Akhir Syawwal 1431 H/2010 M di maktabah Âli Abi ‘Abdillah]

[1] Syi’ar: tanda yang menjadi ciri khas bagi suatu hal, misalnya Negara atau kelompok; berupa suatu ucapan, ukiran, atau tanda-tanda lainnya. (Mu’jam Lughatil Fuqaha` hlm. 263) –ed.

[2] Imam Bukhari berkata begitu untuk menjelaskan bahwa yang dilarang dalam hadits tersebut adalah membawa mushaf ke Negara musuh; bukan membawa al-Qur’an itu sendiri, sebab para shahabat berperang dalam kondisi terdapat al-Qur’an di dalam dada mereka. Lihat Fathul Bari 6/133. –ed.

[3] Artinya, menurut Imam Malik, ayat “Tidak menyentuhnya selain kaum yang disucikan”, maksudnya adalah para malaikat; bukan orang yang suci dari hadats. Syaikh Syanqithi dalam Syarah Zadul Mustaqni’ menyebutkan bahwa tafsir inilah yang rajih (kuat). –ed.

[4] Karya Syaikh Faishal bin ‘Abdel ‘Aziz âlu Mubarak (w. 1376 H) –ed.

[5] Secara muttashil (sanad bersambung). Lihat: Mukhtashar Irwa`ul Ghalil no. 122. [NB: Sebagian makalah ma’had al-Islam menulis “Daruquthni”. Ini salah. Yang benar: Daraquthni. Lihat: al-Ansab karya as-Sam’ani. Harap diperhatikan oleh para santri calon penulis makalah di masa mendatang. Alhamdulillah wallahu Akbar]  –ed.

[6] Pakar fiqih abad ini; tinggal di Madinah, lalu pindah ke Riyadh setelah dilantik sebagai anggota Hai`ah Kibarul ‘Ulama`. Untuk memperdalam fiqih silakan mondok di Ma’had fiqih dahasyat (konon KBM minimal 9 jam/hari) di Pulekan-Bogor, asuhan Syaikh Muhammad Nuruddin Marbu Banjari Al-Makky. Rute: dari terminal solo naik Harum Prima ke terminal Bubulak Bogor, lalu naik angkot ke pesantren Pulekan. Wallahu Ta’ala A’lam. –ed.

[7] Maka termasuk juga adzan, sebaiknya dikumandangkan dalam keadaan suci dari hadats. –ed.

[8] HR Bukhari 477 & Muslim 1538, dari hadits Abu Hirr ra.  –ed.

[9] HR Abu Ya’la 3662, dari hadits Anas ra;dengan isnad shahih. Imam Nawawi menulis: Tiada lain Nabi saw membawa tongkat (jika pergi buang hajat) karena jika beliau berwudhu, tentu beliau shalat setelahnya, maka beliau memerlukan tongkat untuk ditancapkan di depannya sebagai sutrah. (Syarhun Nawawi 1/431)

[10] HR Ibnu Majah 277, dari hadits Tsauban ra (maula Nabi saw); hadits shahih. –ed.

[11] Maksudnya: tidak melakukan istinja` dengan tangan kanannya. Lihat: Jami’ul Ushul  5122. –ed.

[12] Rasanya perlu ada santri yang mentakhrij kutaib jamil ini; karena memuat beberapa hadits dha’if (meskipun mungkin maknanya shahih). Wallahu A’lam. –ed.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here